Categories
Edukasi

6 Tips Memilih Jurusan Kuliah

Spread the love

Memilih jurusan kuliah yang tepat sangat mempengaruhi masa – masa selama menjadi mahasiswa. Tak hanya membuat mahasiswa merasa lebih dekat dengan apa yang dicita – citakan ketika lulus, tapi juga bisa membuat mahasiswa lebih semangat selama proses belajar.

Selain itu, terkadang mahasiswa bisa memilih jurusan yang tidak tepat karena jurusan yang dipilih memiliki peluang kerja yang rendah, sehingga karir pun menjadi kurang bagus. Dilansir dari www.tambahpinter.com, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan dalam memilih jurusan kuliah. Berikut beberapa diantaranya

Jurusan Sesuai Potensi Diri

Hal yang pertama kali kamu perhatikan adalah mengetahui potensi dirimu. Potensi ini disesuaikan dengan keahlian yang selama ini kamu miliki dan sesuai dengan minatmu. Misalnya, kamu senang mengajar bahasa Indonesia dan senang sekali dengan semua yang berkaitan dengan bahasa Indonesia, maka sebaiknya, kamu memilih jurusan Bahasa Indonesia.

Jurusan Sesuai Minat dan Hobi

Sama dengan pengenalan potensi diri sebelum memilih jurusan kuliah, memilih jurusan sesuai dengan mint dan hobi harus diperhatikan. Dengan menyesuaikan jurusan sesuai dengan minat dan hobi akan memberikan rasa nyaman dan motivasi anda selama proses belajar. Pilih jurusan yang terhubung dengan minat. Dengan begitu, perjalanan selama kuliah pun akan lebih menyenangkan, efektif, dan membantumu menyambut masa depan yang baik.

Melihat Potensi dan Peluang Kerja

Salah satu tujuan kuliah adalah agar dapat mendapatkan karir yang cemerlang dan sesuai dengan skill serta minat mereka. Untuk itu, lakukan riset kecil pekerjaan apa yang menjadi impianmu lalu cari tahu kira – kira untuk mendapatkan pekerjaan tersebut, jurusan kuliah apa yang paling cocok.

Dibandingkan hanya melihat jurusan yang sesuai dengan minat kamu, akan lebih baik jika anda memilih jurusan yang tak hanya anda minati namun juga memiliki potensi karir yang mumpuni 3 tahun kedepan ketika anda lulus. Dengan begitu, tujuan anda untuk kuliah semakin kuat dan selalu bersemangat agar cepat lulus dan menghasilkan uang.

Memilih Universitas yang Memberikan Program di Bidang yang Sesuai

Selain memilih jurusan yang sesuai dengan potensi diri, minat, bakat, dan potensi berkarir, hal lain yang perlu diperhatikan adalah memilih universitas yang menawarkan berbagai keuntungan dan jurusan yang sesuai dengan masa depan yang anda inginkan.

Konsultasi dengan Pembimbing Akademik, Konsultan Pendidikan, dan Orang Tua

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah mencoba berkonsultasi dengan guru pembimbing di SMA atau SMK, konsultan pendidikan, dan orangtua. Kadang kala, mereka memiliki nasihat tentang jurusan apa yang paling cocok denganmu meski kamu sendiri masih bingung.

Disesuaikan dengan Finansial Keluarga

Selain memikirkan jurusan yang disesuaikan dengan minat, peluang kerja, skill, dan rekomendasi dari orang terdekat, hal lain yang perlu diperhatikan adalah memilih jurusan sesuai dengan kemampuan finansial keluarga. Ada baiknya jika tidak terlalu memaksakan kemampuan finansial dengan jurusan yang terlalu mahal. Karena apa gunanya jika dipaksakan namun di pertengahan jalan bingung apakah dapat lanjut atau tidak.

Disesuaikan dengan Hasil Test Kepribadian

Salah satu cara lain untuk memilih jurusan yang tepat adalah dengan mengikuti test kepribadian yang diselenggarakan oleh pihak sekolah. Dengan mengikuti test kepribadian ini, kamu dapat membaca karakter dan potensi diri yang belum sepenuhnya kamu pahami untuk memilih jurusan kuliah yang paling cocok dengan anda.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menganalisa diri sendiri dan memilih jurusan yang paling pas dengan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *