Categories
Post

5 Tips Membuat Makalah

Spread the love

Tugas apa yang paling sering kamu dapatkan saat duduk di bangku SMA ataupun kuliah? Pasti makalah jadi salah satunya ‘kan? Nah, buat kamu yang kebetulan sekarang lagi dapat tugas makalah dan bingung gimana cara membuat makalah, kamu datang di tempat yang tepat.

Ada beberapa tips yang cocok buat kamu untuk menulis makalah dengan benar sekaligus dengan contoh membuat makalah. Simak yuk selengkapnya.

Memilih atau Menentukan Tema Makalah

Tips pertama ini juga jadi langkah pertama yang harus kamu ambil. Sebuah makalah yang bagus tidak jadi tanpa proses ini. Dalam penentuan tema, biasanya kamu akan mendapat arahan dari guru atau dosen mengenai tema umum yang harus kamu tulis.
Nah, tema tersebut bisa kamu kerucutkan ke tema yang lebih spesifik dan tentunya sudah kamu kuasai. Contohnya, dengan tema umum ‘globalisasi’, maka kamu bisa memilih tema yang spesifik seperti pengaruh globalisasi pada budaya. Setidaknya, jangan memilih tema rumit yang kamu sendiri tidak paham mengenai hal tersebut.

Membuat Judul Makalah dan Contohnya

Setelah menentukan tema yang pas dan benar-benar bisa kamu kuasai. Berikutnya, kamu harus menentukan judul makalah. Judul tersebut harus dibuat dengan jelas, namun menarik supaya akan membuat pembaca makalahmu tergerak untuk membaca.

Tapi, kamu harus ingat ya kalau tema dan judul tidaklah sama. Tema yang kamu pilih tersebut dijadikan sebagai pokok pikiran dari makalah. Supaya lebih jelas, contoh judul makalah yang bisa kamu pakai dengan tema ‘pengaruh globalisasi pada budaya’ adalah ‘Eksistensi Tari Tradisional di Era Globalisasi’.

Selain judul tersebut, kamu juga bisa menggunakan contoh judul makalah lain seperti ‘Perkembangan Wayang di Masa Globalisasi’ dan lainnya. Judul yang kamu buat juga harus jelas, karena nantinya judul ini akan menuntun fokusmu dalam menulis makalah.

Mengumpulkan Referensi yang Sesuai

Setelah tahu beberapa contoh judul makalah dari tema yang ada, mulailah untuk mencari referensi yang sesuai dengan tema dan judul yang kamu ambil. Referensi tersebut akan membantu kamu dalam menulis seluruh isi bab, terutama pendahuluan.

Umumnya, referensi yang terpercaya didapat dari buku–buku, namun kamu juga boleh mengambil referensi lain dari koran, media internet, atau lainnya asalkan sumbernya jelas dan bukan sumber asal-asalan yang tidak bisa dipercaya. Misalnya saja, referensi tersebut tidak ada nama penulisnya, tentu saja ini referensi seperti ini kurang kredibel dan dipertanyakan keaslian sumbernya.

Pahami Susunan Makalah yang Benar

Struktur makalah yang benar pun tidak boleh luput dari perhatian kamu. Jika tulisanmu bagus, tetapi struktur dari makalahnya salah, maka bisa mempengaruhi penilaian guru atau dosenmu. Nah, susunan makalah yang benar umumnya terdiri dari cover, abstrak, daftar isi, kata pengantar, pendahuluan (latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan), isi, dan ditutup dengan kesimpulan.

Tulislah Makalah dengan Sistematis dan Objektif

Selanjutnya, dari sekian proses dan tips membuat makalah yang bermulai dari tema, pemilihan judul, referensi, dan mengetahui susunan makalah yang tepat, maka mulailah untuk menulis makalah secara sistematis dan pastinya objektif.

Makalah yang sistematis maksudnya adalah makalah tersebut sesuai dengan struktur yang benar, bahasa yang digunakan pun sesuai dengan kaidah penulisan makalah. Dalam menulis makalah, penting untuk menulis secara objektif dan tidak secara subjektif. Jika ditulis secar objektif, maka makalah kamu akan terlihat lebih fokus dan isinya pun bukan sekedar asumsi subjektif semata.

Oke, itulah tips membuat makalah dari mulai menentukan tema, contoh judul makalah, hingga menulis makalah dengan sistematis, semoga bisa kamu jadikan acuan untuk menulis makalah dengan tepat ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *